Uncategorized

Menjadi Guru Untuk Si Kecil Di Rumah

Tahun ajaran baru akan segera dimulai,tepatnya hari Senin besok tanggal 13 Juli 2020.Saat ini saya sebagai bunda Mombassador SGM Eksplor masih meraba raba akan seperti apakah sistem pengajaran yang akan diterapkan kepada putriku sebagai Anak Generasi Maju.Siap tidak siap kita semua harus menghadapi bersama tantangan belajar di era new normal saat ini.Apakah nantinya sistem belajar tetap di rumah aja atau sistem shift untuk menerapkan social distancing mengingat di kota tempat tinggalku saat ini kembali ke zona merah.Demi pendidikan untuk si kecil dan turut andil dalam memutus mata rantai covid-19 sebagai bunda saya harus selalu memantau anak anak,menerapkan protokol kesehatan,jaga jarak,dan membawa peralatan makan dan sholat sendiri.Kita memang harus waspada namun jangan sampai panik yang berlebihan karena hal ini akan mengakibatkan menurunnya imunitas tubuh.

Di era new normal,kebiasaan belajar dan bermain tentu berbeda dengan di masa normal.

Saya sebagai bunda berusaha mengarahkan tanpa memaksakan anak untuk belajar.Karena menurut saya anak mempunyai cara belajar tersendiri yang pastinya menyenangkan baginya.

Cara belajar putriku terbiasa dengan mendengar,jadi setiap apa yang didengar akan dengan mudah tersimpan dalam memori otaknya.Meskipun belajar secara visual juga dapat diterimanya dengan baik.
Untuk anak usia dini sebaiknya bunda melatih belajar dengan kebiasaan yang menyenangkan.Misalnya dengan metode mendengarkan boneka hafiz untuk ilmu agama,metode flash card untuk belajar membaca atau metode lainnya.

Agar kegiatan belajar di rumah terasa menyenangkan dan tidak membosankan di sela daring saya mengajaknya bermain.Sebagai contoh saya mengajaknya bermain puzzle.Sesuai namanya, puzzle adalah permainan menyusun potongan gambar yang biasanya terbuat dari papan kayu atau karton tebal berwujud asimetris untuk memudahkan menyusun gambar menjadi utuh.

Terdapat beberapa macam puzzle yang sering dimainkan anak-anak,seperti puzzle batangan, konstruksi, angka, geometri dan logika. Bahkan, kini telah banyak bermunculan ragam puzzle dengan tema menarik.

Jika bunda ingin mengenalkan permainan ini pada anak, bunda bisa melakukannya sejak dini.Menyusun puzzle bersama menjadi gambar utuh,melatih kemampuan motorik si kecil.Yuk bunda ajak si kecil bermain permainan yang mengasah otak untuk menunjang potensi prestasinya.Untuk ide bermain lainnya bunda bisa intip di website https://generasimaju.co.id/bermain-bersama-bunda

Untuk menunjang asupan gizinya bunda bisa berikan segelas susu #SGMEksplor di pagi dan sore hari.Jika si kecil tidak suka minum susu,bunda bisa berikan cemilan alternatif yang mengandung susu.

Memasak bersama juga merupakan kegiatan yang dapat menstimulasi si kecil lho.Ide memasak bersama ini saya dapat dari website https://www.generasimaju.co.id/resep-donat-kentang-sgm-eksplor

Selain mengisi kegiatan di rumah,bunda juga dapat mengikuti kontesnya

Caranya:

1.Pilih resep yang ada di website

2.Abadikan momen memasak bersama si kecil dan posting di media sosial

3.Cantumkan hastag #ResepGenerasiMaju,tag @Aku Anak SGM dan mention 3 teman bunda

4.Periode sampai 12 Juli 2020

Nah jangan lupa untuk kunjungi website Aku Anak SGMwww.generasimaju.co.i dan follow akun facebook https://www.facebook.com/AkuAnakSGM/

Bunda bisa juga menghubungi careline SGM di nomor 0800 136 360 agar bunda tidak termakan isu simpang siur terkait nutrisi dan tumbuh kembang si kecil.

#MombassadorSGMEksplor #SGMEksplor #GenerasiMaju #PoinPrestasi #BersatudanKuat

Tentang Penulis

Mombassador SGM Eksplor
Housewife